Minggu, 02 Agustus 2009

santri

Kali ini kita akan membahas tentang santri,klo di Wikipedia Santri adalah sebutan bagi murid yang mengikuti pendidikan di pondok pesantren. Pondok Pesantren adalah sekolah pendidikan umum yang persentasi ajarannya lebih banyak ilmu-ilmu pendidikan agama Islam. Kebanyakan muridnya tinggal di asrama yang disediakan di sekolah itu,tapi klo menurtku santri itu sebutan bagi orang yang tinggal di pondok pesantren dengan tujuan menimba ilmu ari para ustadz dan para yai nya ,adapun santri itu merupakan singkatan dari kalimah kalimah arab yaitu:

1.sin(saatirul 'Aurot):Orang yang menutup 'aurot
Maksudnya yaitu seseorang yang selalu menutup 'aurotnya(tidak selalu sich) dengan tujuan untuk menghindari fitnah atau prasangka-prasangka buruk dari orang-orang dan juga yang terutama untuk memenuhi syarat wajib ibadah, tapi klo kita melihat orang-orang sekitar banyak sekali yang tidak menutup 'aurot mereka terutama kalangan wanita mereka suka memperlihatkan 'aurot mereka, ndak tau kenapa mungki karenaaa....????

2.Nun(Naibul 'Ulama):Pengganti Para 'Ulama
Kamsudnya seorang santri itu adalah calon pengganti para ulama yang mempunyai tugas membimbing masyarakat di sekitarnya,kebanyakan santri itu disuruh mondok untuk menjadi tokoh yang 'alim dalam urusan agama dan dapat menjadi panutan bagi masyarakat,dan tahukah kalian ini merupakn hal yang sangat sulit bagi seorang santri.

3.Ta'(Taarikul Ma'shiyat):Orang yang menjauhi ma'siat
Menjauhi perbuatan ma'siat adalah hal yang sangat sulit apalagi setan ada di mana-mana dan senantiasa menggoda kita untuk berbuat ma'siat,terutama soal yang namanya wanita mereka sangat sulit untuk dijauhi dan mereka ada di mana-mana,tapi untungnya santri itu tinggal di pondok yang jauh dari hal-hal seperti itu jadi lumayan tidak mempengaruhi.

4.Ro(Rooghibul Akhirat):Pecinta Akhirat
Tujuan utama seorang santri adalah mendapatkan akhirat yang baik maka dari itu santri haruslah lebih mencintainya daripada dunianya.

Jika seorang santri telah memenuhi 4 hal tersebut Insya Allah dia akan menjadi seorang santri sejatiiiii.

Jika ada masukan,kritik atau saran silakan posting komentar Kamu^_^.

0 komentar: